Pengulangan For dalam Java

Dalam pemrograman ada dua jenis perulangan, yaitu perulangan yang sudah diketahui dengan pasti jumlah perulangannya dan yang tidak diketahui jumlah perulangannya.Yang dimaksud dengan perulangan yang sudah diketahui jumlah perulangannya adalah pembuat program sudah mengetahui dengan pasti berapa kali statement dalam blok perulangan yang harus dikerjakan. Sedangkan perulangan yang
tidakpasti, statement yang dikerjakan dalam blok perulangan tidak diketahui dengan pasti jumlah perulangan yang dikerjakan, misalnya suatu statement akan diulang apabila user meng-input-kan data lebih besar dari 5. Dalam Java perulangan yang sudah diketahui dengan pasti jumlah perulangannya bisa diimplementasikan menggunakan for… sedangkan untuk perulangan yang tidak diketahui dengan pasti bisa menggunakan jenis perulangan while atau do – while.
Perulangan for
Ada tiga komponen utama yang harus diperhatikan dalam penggunaan perulangan for…. Tiga komponen tersebut sebagai berikut:
  • Variabel pencacah
Variabel ini digunakan untuk mengontrol jumlah perulangan yang dikerjakan. Setiap kali perulangan dikerjakan maka nilai variabel ini akan selalu berubah. Nilai dalam variabel dapat berubah semakin besar (increment) atau semakin kecil (decrement).
  •  Persyaratan
Persyaratan yang digunakan agar perulangan dikerjakan. Syarat ini bisa berdasarkan nilai dalam variabel penghitung atau variabel lain (yang telah dideklarasikan sebelumnya) menggunakan operator relasional.
  • Peubah variabel pencacah
Statement peubah variabel pencacah bertugas merubah nilai dalam variabel pencacah selama perulangan terjadi. Perubahan nilai dapat semakin besar (increment) atau semakin kecil (decrement).

Contoh Struktur Perulangan For Pada Java

for (variabelPencacah; persyaratan; peubahVariabelPencacah) {
  statement
  ...
  ...
}
Deklarasi diatas merupakan contoh struktur dari perulangan pada java yang sederhana, dimana diawali dengan for lalu diikuti dengan wariabel pencacah kemudian persyaratan lalu peubah variaber pencacah.setelah itu baru kita tambahkan statement -statement yang kita jalankan setelah program melakukan perulangannya.

Contoh program perulangan for pada java:

//Nama program: Perulanganfor.java
public class Perulanganfor {
  public static void main(String[] args) {

    int counter;
    int batasPerulangan = 5;

    for (counter=1; counter<=batasPerulangan; counter++) {
    System.out.println("Perulangan ke-"+counter);
    }

  }

}
Output program:
Perulangan ke-1
Perulangan ke-2
Perulangan ke-3
Perulangan ke-4
Perulangan ke-5
Penjelasan:
Pada potongan program diatas kita awali dengan mendefinisikan atau mendeklarasikan variabel counter dan variabel batasPerulangan yang memiliki tipe data Integer pada variabel batasperulangan kita inisialisasikan dengan nilai 5. dan seterusnya :3

Comments

Popular posts from this blog

Program Penilaian Siswa Menggunakan Java Netbeans

Membuat Program GUI Kalkulator Sederhana di Netbeans dengan Filter Key Typed

Membuat aplikasi pesanan makanan sederhana dengan Java Netbeans